top of page
Search

Post #5: Rajanya Buah

Ternyata bukan Apple atau Blacberry



Nutrisi vs. Gula


Tubuh kita sangatlah ajaib. Tubuh kita punya semua mekanisme untuk bertahan hidup yang sangat luar biasa. Bisa menjaga suhu tubuh stabil, menyembuhkan luka, membentuk otot yang rusak, memperbaharui sel dan sebagai nya. Untuk berfungsi dengan baik, tubuh kita membutuhkan nutrisi yang baik pula. Nutrisi yang masuk ke tubuh kita terdiri dari nutrisi makro (macronutrients) dan nutrisi mikro (micronutrients). Yang termasuk dalam macronutrients adalah: karbohidrat, protein, dan lemak.


Buah-buahan banyak mengandung micronutrients seperti vitamin, mineral, trace elements, dan phytonutrients yang sangat berguna bagi tubuh kita. Lain buah lain pula kandungan nutrisi nya. Kita mungkin sering mendengar kalau pisang banyak mengandung potassium (K) yang penting untuk kesehatan jantung. Tapi apa definisi "banyak" kalau kita bandingkan berat macronutrient yang kita peroleh dari buah?


Pisang ambon (118 g) mengandung lebih kurang 422 mg potassium (mineral Kalium, bukan vitamin K) yang setara dengan 12% kebutuhan postassium tubuh kita dalam sehari. Hypothetically, kalau kita hanya makan pisang untuk memenuhi kebutuhan mineral K, tiap hari kita perlu makan sampai 8 pisang ambon. Sekarang coba kita hitung berapa banyak gula yang masuk melalui 8 pisang ambon ini? 8 x 14gr atau 112gr gula. At any time, total gula yang beredar dalam darah kita hanya 4-5gr saja (100 mg/dL x 4-5 L total volume darah).


Kita sekarang bisa melihat kontras antara macronutrients dan micronutrients. Untuk memperoleh 422 mg potassium, kita perlu mengkonsumsi 14,000 miligram gula dalam pisang. Inilah salah satu sebab mengapa banyak orang yang berkata "mengapa saya masih gemuk dan bertambah gemuk padahal saya hanya makan buah di jam makan malam?".

Makan buah tidaklah salah. Tapi perhatikanlah berapa jumlah gula yang masuk kedalam tubuh kita dibanding micronutrients nya. Is is worth it?


Tidak semua buah bermanfaat kalau dihitung dari jumlah gula yang turut di konsumsi. Dari segi rasio nutrisi dibanding gula, maka buah yang paling baik untuk di konsumsi adalah alpokat. Alpokat termasuk salah satu "superfood" dengan kandungan nutrisi dan lemak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan. Perhatikan perbandingan macronutrients dan vitamin antara 100gr alpokat dan 100gr pisang dibawah ini:



Sekarang coba bandingkan kandungan mineral 100gr alpokat vs 100gr pisang:


Atau kalau dibandingkan dengan jeruk dan apel:




Dibandingkan dengan pisang, apple, dan jeruk, kita bisa melihat hampir semua kandungan vitamin dan mineral alpokat jauh melebihi buah-buah lain. Kandungan vitamin C dalam jeruk memang 5x lebih tinggi daripada alpokat, tapi perhatikan jumlah gula dalam jeruk yang 13 kali lipat lebih banyak daripada alpokat.


Ada pepatah yang berkata "an apple a day keeps the doctor away" (1 apple sehari menjauhkan kita dari dokter). Tapi kalau kita melihat lebih tabel perbandingan antara alpokat dan apple, seperti nya pepatah ini perlu di revisi menjadi "an avocado a day keeps the doctor away..."


54 views0 comments

Comments


bottom of page