top of page
Search

Post #21: 2 Problem Utama Penuaan Dan Solusinya


Buah gac

Kami pernah punya mobil yang kami gunakan lebih dari 10 tahun. Mobil itu masih bekerja dengan baik. Tapi, tanda-tanda penuaan di mobil itu sangat terlihat. Cat body nya sudah agak kusam karena teroksidasi dan terkena paparan sinar UV dari matahari. Waktu melewati jalanan yang agak bergelombang, kita bisa mendengar suara-suara menderik dari engsel, pegas, dan sambungan di berbagai lokasi di mobil. Tiap pagi, waktu mobil itu di keluarkan dari garasi, ada bekas minyak bercampur air yang mengumpul di bawah mesin mobil. Konsumsi bensin nya juga semakin lama semakin boros. Masalah cat body dan kondisi interior mobil itu mudah diselesaikan dengan membayar bengkel untuk mencat ulang, coating, dan detailing. Tapi mesin yang mulai turun kinerja nya yang sulit diperbaiki.


Hal ini mirip juga terjadi pada tubuh kita. Semakin kita bertambah usia, semakin kelihatan tanda-tanda penuaan. Hal ini terjadi secara natural. Saya jelaskan dalam post ini dengan menggunakan karakter fiktif bernama Budi.


Budi biasa nya tidur nyenyak seperti batu sepanjang malam. Bahkan Budi sering tidur tanpa berganti posisi. Tapi sejak menginjak usia 40 an, tidur Budi agak terganggu. Hampir setiap malam Budi terjaga karena harus ke toilet untuk buang air kecil (BAK). Gejala ini makan lama makin parah dan frekuensi nya semakin sering. Budi mulai terganggu dengan masalah sering BAK di pekerjaan nya. Ia bahkan tidak bisa duduk tenang di meeting yang berlangsung selama 1-2 jam tanpa ke toilet. Apa yang terjadi?


Untuk kebanyakan pria paruh baya, sering ke toilet adalah gejala pertama pembesaran kelenjar prostat. Gejala lain nya termasuk: tekanan keluar nya urine yang berkurang, sulit memulai BAK, BAK yang menetes, atau urine yang seperti nya "bocor". Katup urine seperti nya tidak bekerja dengan maksimal.


Budi juga mulai mengalami kesulitan membaca dokumen di kantor. Mengemudikan mobil bukanlah masalah untuk Budi. Pandangan mata nya terasa tajam. Objek-objek yang jauh kelihatan tajam di mata Budi. Tapi tulisan di kertas, kelihatan tidak fokus. Ia membutuhkan kacamata membaca. Dengan kata lain, mata Budi mulai rabun dekat (hyperopia). Hal ini bukan nya hanya dialami Budi, tapi juga istri nya yang sebaya.


Masalah prostat banyak dialami pria diatas 40 tahun. Rabun dekat dialami baik pria maupun wanita diatas 40 tahun. Ada tersedia prosedur infasif yang bisa mengurangi gejala-gejala ini mulai dari laser hingga bedah.


Di luar solusi infasif (bedah) dan obat-obatan kimia, ternyata ada solusi sederhana untuk mencegah atau mengurangi gejala-gejala penuaan diatas. Cara nya adalah banyak mengkonsumsi tomat. Tomat banyak mengandung antioksidan lycopene yang bermanfaat untuk mata dan kelenjar prostat. Lycopene adalah pigment natural yang dikenal dengan nama carotenoid. Caretenoid lah yang memberikan warna oranye merah pada tomat, grapefruit, semangka, jambu batu, dan buah lain nya. Lycopene sudah dipelajari secara detail selama 70 tahun dan ada lebih dari 2000 tulisan yang sudah di publikasikan di jurnal ilmiah mengenai lycopene.


Di pria, lycopene ditemukan menurunkan PSA (prostate specific antigen) hingga 20%. PSA adalah parameter yang mengukur resiko seorang pria menderita kanker prostat. Di wanita, lycopene menurunkan resiko kanker payudara. Ada banyak studi yang menemukan manfaat lycopene untuk menurunkan resiko jantung koroner, membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan menurunkan resiko masalah di mata seperti macular degeneration, rabun jauh, dan rabun dekat.


Kalau kita lihat betapa bermanfaat nya lycopene, bagaimana kalau kita makan tomat sebanyak banyak nya? Ternyata tidak se simple itu. Lycopene adalah zat yang larut di lemak, bukan di air. Hal ini menyebabkan lycopene yang bisa tubuh kita serap menjadi sangat sedikit. Manfaat lycopene dari tomat tidak banyak kalau tomat nya dalam bentuk mentah.


Tapi ada buah lain yang jarang dibicarakan yang mengandung lycopene jauh lebih tinggi daripada tomat; bahkan hingga 70x lipat lebih banyak. Buah ini juga mengandung lemak nabati yang membantu penyerapan lycopene oleh tubuh kita berkali kali lipat dibandingkan lycopene dari tomat. Buah apakah ini? Buah ini adalah buah gac yang berasal dari Vietnam. Tidak hanya lycopene, masih ada beberapa keunggulan buah gac dibanding buah lain, termasuk:

  • 10x lipat carotene yang ada di wortel

  • 40x lipat vitamin C yang dikandung jeruk

  • 75x lipat vitamin A dibanding sayuran

Selain tinggi vitamin, buah gac juga rendah gula seperti halnya alpokat. Banyak buah yang mengandung vitamin yang baik untuk tubuh kita, tapi sayangnya sangat tinggi kandungan gula yang jumlah nya ratusan kali lipat dibanding jumlah vitamin yang kita dapatkan. Saya pernah membahas hal ini di blog post ini.


Sayang nya superfruit ini tidak tersedia di Indonesia. Namun, ada juice segar buah gac yang bisa di dapatkan di Indonesia. Juice gac di rancang sebagai alternative multivitamin dalam bentuk pill. Bagi sebagian orang dewasa dan anak-anak, meminum pill adalah sebuah "perjuangan". Tapi semua orang bisa minum juice.


Silahkan menghubungi saya kalau anda membutuhkan juice ini.



Take care of your body, it's the only place you have to live.

Jim Rohn



70 views0 comments

Comments


bottom of page