top of page
Search

Post #15: Awal Baru di Akhir Tahun


Kita tiba di akhir tahun 2018. Akhir tahun adalah saat yang baik untuk kita merefleksi kan kehidupan kita selama 12 bulan terakhir. Kebanyakan aspek kehidupan kita sulit di quantify (di hitung). Contoh: happiness. Anda mungkin happy di tahun 2018 ini. Tapi happiness sulit di hitung. Happiness adalah state of being dan tidak bisa di hitung, tapi bisa di rasakan.



Salah satu tolok ukur yang mudah di pakai untuk evaluasi hidup kita adalah uang. Uang bukan segala nya dalam hidup ini. Tapi segala sesuatu butuh uang. Uang tidak memastikan kualitas hidup kita, tapi tanpa uang, hidup kita pasti tidak berkualitas. Dalam post ini saya akan membahas cara nya membangun tolok ukur keuangan anda berdasarkan pengeluaran anda (expense), bukan dari apa yang anda bisa sisihkan.


Kenapa menggunakan pengeluaran (expense) sebagai tolok ukur? Karena expense seringkali mengikuti income. Semakin tinggi income, biasa nya... semakin tinggi expense.


Contoh:

Budi adalah seorang pria single di usia 25 tahun dengan penghasilan 7 juta rupiah butuh menghabiskan 5 juta per bulan nya untuk men support lifestyle (gaya hidup) nya. Suatu hari ia di bajak oleh perusahaan pesaing dan gaji nya naik 3x lipat menjadi 21 juta per bulan nya. Apa yang terjadi dengan expense nya? Kemungkinan besar expense nya akan naik juga, mungkin 2-3x lipat juga, dari 5 juta menjadi 10-15 juta per bulan. Apa yang terjadi? Lifestyle Budi berubah dari yang tadi nya makan siang di luar, setelah di promosikan, Budi juga makan malam di luar. Budi sekarang merasa ada di middle class dan sering pesan minum caramel machiato atau macha frappuccino lewat GoFood. Sebagai millennial muda, Budi active di Instagram dan tergoda ikut jalan-jalan ke luar pulau, bahkan ke luar negeri 2-3x setahun.


Apakah perubahan diatas pernah anda lihat atau alami sendiri? Tidak ada yang salah. Itu semua pilihan hidup masing-masing kita. Tapi kalau anda ingin financially independent sedini mungkin, anda perlu mengontrol expense anda. Akan jauh lebih kasat mata mengontrol pengeluaran anda daripada mengontrol savings anda. Itulah sebab nya, tolok ukur nilai ke kayaan anda perlu di hitung dari jumlah expense anda. Dalam benchmark di bawah ini, saya menggunakan istilah net worth (nilai kekayaan bersih) yang arti nya: jumlah semua nilai asset anda minus semua hutang anda. Asset termasuk rumah, ruko, mobil, saham, mata uang asing, reksadana, logam mulia dan bentuk asset berharga lain nya.


Berikut adalah simulasi untuk membuat kita semua berpikir. Simulasi ini menggunakan angka-angka yang saya asumsikan cukup relevan dengan kondisi jaman now. Namun angka-angka ini tidak lah mutlak dan baku.


Di usia 20'an:

Anda berada di fase akumulasi. Anda baru lulus kuliah dan bermimpi mendapat pekerjaan yang baik di perusahaan yang baik. Tidak semua orang mendapatkan dream job nya. Sebagian besar dari anda mungkin perlu melompat dari satu perusahaan ke perusahaan lain.


Di usia 30'an:

Saat anda memasuki usia 35 tahun, minimal total net worth (kekayaan bersih) ideal nya setara dengan 4x jumlah expense tahunan anda. Jadi kalau gaya hidup anda membutuhkan expense 10 juta per bulan, maka harta kekayaan anda minimal lebih kurang 4 x 10jt/bulan x 12 bulan/tahun = 480 juta. Di usia ini mungkin anda sudah menikah, mencicil rumah, dan punya anak. Ideal nya, anda memiliki simpanan 12x expense bulanan anda.


Di usia 40'an:

Anda sudah menjadi pegawai selama 15-17 tahun. Anda mungkin mulai bosan mengerjakan apa yang anda kerjakan selama ini. Anda kadang gatal ingin berubah haluan menjadi boss diri anda sendiri. Tapi tunggu! Anda punya 2-3 anak dan cicilan rumah yang belum lunas. Kalau anda discipline, di usia 40'an jumlah harta kekayaan anda harus nya sekitar 7x jumlah expense tahunan anda. Jadi kalau gaya hidup anda membutuhkan expense 20 juta per bulan (1 orang istri + 3 orang anak), maka harta kekayaan anda minimal adalah 7 x 20 x 12 = 1.7 milyar.


Di usia 50'an:

Anda sukses melewati mid-life crisis (krisis paruh baya) dan sudah mengumpulkan 13x jumlah expense tahunan anda. Anak-anak anda sudah lulus kuliah dan mandiri. Net worth anda ideal nya adalah 13x pengeluaran tahunan anda. Jadi kalau pengeluaran anda 30jt per bulan, maka net worth anda ideal nya 13 x 20 jt/bulan x 12 bulan/tahun = 3.1 milyar.


Di usia 60'an:

Congratulation! Anda berhasil mengumpulkan 20x expense anda, anda tidak perlu lagi bekerja lagi. Dengan menggunakan 20jt per bulan expense, net worth anda ideal nya 20 x 20 jt/bulan x 12 bulan/tahun = 4.8 milyar. Kenapa anda tidak perlu bekerja lagi? Karena dengan hitungan bunga deposito rata-rata 5%, harta anda akan menghasilkan 4.8 milyar x 5% per tahun = 240 jt per tahun atau 20 jt per bulan. Anda berhasil membesarkan anak-anak anda sampai mereka mandiri dan pengeluaran anda berkurang cukup banyak dan anda bisa menikmati hidup di masa pensiun ini.


Angka-angka diatas tidaklah baku. Itu semua hanya rekaan dan berguna hanya sebagai ilustrasi untuk membangkitkan kita semua agar mulai berhitung untuk kebaikan masa depan kita. Kita semua punya best before date atau "tanggal kadaluarsa" saat dimana market value kita jatuh. Kalau kita baru sadar setelah lewat best before date kita, sudah agak terlambat. Tapi, tidak ada yang mustahil. Banyak orang-orang super sukses yang memulai karir nya di usia cukup lanjut seperti mereka ini:

  • Stan Lee mulai menulis komik Fantastic Four di usia 39 tahun. Ia kemudian menjadi terkenal dan kaya raya setelah menulis komik Marvel Universe dengan karakter-karakter ikonik Spiderman dan X-Man yang memiliki jutaan fans di seluruh dunia.

  • Sam Walton mendirikan outlet Walmart pertama di usia 44 tahun dan menjadi salah satu orang paling kaya dalam sejarah. Hari ini ada 11,277 outlet Walmart di 27 negara. Walmart adalah peritel terbesar di dunia dengan omzet $500 milyar dan mempekerjakan 2.3 juta karyawan.

  • Henry Ford pertama kali menciptakan mobil Ford Model T di tahun 1908 waktu ia berusia 45 tahun. Ford Motor Company adalah perusahaan otomotif terbesar ke 5 di dunia.

  • Ray Kroc adalah salesman penjual mesin milkshake. Di usia 52 tahun ia bertemu dengan kakak beradik Richard dan Maurice McDonald. Ray akhirnya membeli McDonald's pendirinya dan men transformasi MacDonald's menjadi restaurant fast food paling sukses dalam sejarah dengan 35,000 restaurant di 121 negara.

  • Colonel Sanders baru mulai menjual resep ayam goreng "Kentucky Friend Chicken" di usia 62 tahun.

Berapa usia anda saat anda membaca blog post ini? Bagaimana kondisi keuangan anda? Apakah net worth anda sepadan dengan pengeluaran bulanan untuk lifestyle anda saat ini? Kalau anda tidak di jalur yang membawa anda mencapai goal finansial anda, ada yang perlu di rubah; anda butuh meningkatkan income anda. Cara nya sudah saya bahas di sini.


Kalau anda bingung bisnis apa yang anda ingin bangun untuk menaikkan income anda, anda bisa kontak saya untuk belajar lebih jauh perihal membangun bisnis di usia berapa saja dan di lokasi mana saja anda berada.


Jika anda mau merubah keuangan anda, anda bisa mulai dengan berinvestasi pada diri anda sendiri. Investasi membangun diri anda jadi lebih baik dengan membaca buku yang menambah nilai, ikut seminar, dan cari orang yang bisa menjadi mentor anda.


Di akhir tahun 2018 ini, tanyakan 4 pertanyaan penting ini pada diri anda:

  1. Why...? Mengapa perlu berubah? Mengapa perlu income lebih? Mengapa perlu bangun bisnis? Jawaban pertanyaan ini mungkin ada di pertanyaan berikutnya, yaitu Why Not.

  2. Why not?! Mengapa tidak punya income lebih? Mengapa tidak bangun bisnis? Mengapa tidak kehidupan anda jadi lebih baik? Mengapa tidak masa depan anak-anak anda lebih baik?

  3. Why not me? Mengapa bukan anda? Anda punya energy nya. Anda punya network nya. Anda punya kreatifitas nya.

  4. Dan pertanyaan terakhir....Why not now? Kapan best before date anda? Kemarin sudah berlalu, besok belum tiba. Hari ini adalah hari yang anda miliki.



If you don’t like how things are, change it! You’re not a tree.

Jim Rohn


38 views0 comments

Comments


bottom of page