top of page
Search

Post #22: Berpikir Berbeda


Suatu kali ada seorang anak murid yang sedang mengerjakan ulangan fisika. Pertanyaan terakhir dalam ulangan tersebut adalah:


"Kalau kamu punya barometer, bagaimana kamu bisa megukur ketinggian sebuah gedung 10 lantai?". Barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara. Tekanan udara semakin berkurang, di ketinggian lebih tinggi.


Guru nya mengharapkan jawaban sesuai textbook, yaitu, masuk ke lantai 1 gedung dan baca angka yang tertera di barometer, lalu naik ke lantai 10 dan baca angka yang tertera di barometer di lantai 10. Lalu masukkan kedua angka tersebut ke formula fisika yang akan memberikan angka ketinggian gedung tersebut.


Tapi murid ini memiliki cara berpikir yang sangat tidak lazim.

Jawaban nya di soal ulangan tersebut: "saya akan bertanya pada pengelola gedung itu"

Murid itu mendapat nilai sempurna untuk semua pertanyaan dalam ulangan tersebut kecuali pada pertanyaan terakhir. Ia mendatangi guru nya dan menanyakan kenapa jawaban nya salah. Guru nya tidak memberikan jawaban yang ia harapkan, tapi guru nya memberikan anak itu kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki jawaban nya.


Kali ini murid itu menjawab "saya barter barometer itu dengan tali, dan saya menjatuhkan ujung tali dari lantai 10 ke bawah dan ukur panjang tali itu." Guru nya sekali lagi tidak membenarkan jawaban nya. Waktu anak ini mendekati guru nya, guru nya berkata "ada maksud nya kamu diberikan barometer. Gunakan barometer itu."


Si murid menjawab "ok pak guru. Saya akan menggunakan barometer itu dengan menjatuhkan nya dari lantai 10, ukur berapa detik barometer itu jatuh ke tanah, dan saya akan menggunakan hukum fisika Newton untuk menghitung ketinggian gedung tersebut."


Walaupun murid it sempat "menyebalkan" guru nya, sejarah mencatat ia bertumbuh menjadi salah seorang penemu yang paling hebat di dunia. Nama nya adalah Nicola Tesla. Nicola adalah penemu listrik arus AC yang kita semua gunakan di rumah. Arus AC memungkinkan perusahaan pembangkit listrik mendistribusikan tenaga listrik secara efisien ke rumah-rumah yang jauh dari pembangkit. Salah satu penemuan nya yang di patenkan menjadi basis perangkat radio. Nicola menemukan banyak penemuan penting lain nya.


Nicola Tesla

Apa poin nya cerita (sungguhan) diatas? Poin nya adalah: ada banyak cara menyelesaikan problem dan masalah yang kita hadapi. Dan ada banyak cara-cara non konvensional yang kita belum pernah pikirkan.


Ada banyak contoh-contoh pola pikir di luar kotak (outside the box) yang membuat hidup kita lebih mudah, lebih efisien, lebih murah juga. Solusi out of the box ini kita kenal dengan istilah hacks. Mungkin anda pernah lihat contoh contoh hacks dibawah ini di internet:


Kesal dengan kabel earphone yang sering kusut? Gunakan jepitan rambut.

Susah kupas kulit telur rebus? Tambahkan sedikit soda kue waktu merebus nya.

Sulit cari ujung selotip? Tempelkan paper clip di ujung nya.


Tapi bagaimana dengan masalah-masalah kehidupan yang besar seperti masalah keuangan? Mungkin pengeluaran anda lebih besar daripada penghasilan anda? Pernahkah berpikir untuk mencari bisnis yang dapat dikerjakan part time tapi bisa memberikan penghasilan tambahan? Mungkin mencoba jadi konsultan, Youtuber, freelancer atau bahkan bisnis MLM? Saya sudah membahas contoh-contoh nya di sini. Kegilaan adalah melakukan hal yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda.


Coba berpikir outside the box dan hack hidup anda untuk menjadi lebih baik.



The definition of insanity is doing the same thing over and over again, but expecting different results.

Albert Einstein


32 views0 comments

Comments


bottom of page